Telaah Eksistensi Organisasi Profesi Guru Di Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.51747/pedagogy.vol12no2.1226977Keywords:
Organisasi Profesi; Guru; Society 5.0; Pendidikan; Transformasi DigitalAbstract
Era Society 5.0 menuntut sektor pendidikan untuk beradaptasi melalui pemanfaatan teknologi dan inovasi pembelajaran. Dalam konteks ini, organisasi profesi guru memiliki peran strategis dalam menjaga profesionalisme pendidik sekaligus merespons tantangan global. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah eksistensi dan relevansi organisasi profesi guru di era Society 5.0. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi literatur, penelitian ini menemukan bahwa organisasi profesi guru tidak hanya berfungsi sebagai wadah advokasi, tetapi juga sebagai pusat pengembangan kompetensi dan inovasi berbasis teknologi. Meski demikian, keterbatasan adaptasi digital dan rendahnya partisipasi anggota masih menjadi hambatan yang signifikan. Oleh karena itu, diperlukan penguatan kapasitas digital dan peningkatan keterlibatan anggota agar organisasi profesi guru tetap relevan, adaptif, dan berdaya saing dalam menghadapi dinamika era Society 5.0
Downloads
References
Alamsyah, Muftihaturrahmah Burhamzah, Syairfah Fatimah, & Wahyu Kurniati Asri. (2022). PERAN GURU DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0: APAKAH SEBATAS TANTANGAN ATAU PERUBAHAN. 1.
Aldino Kelvin Nanda. (2021). Analisis Eksistensi dan Kompetensi Guru dalam Mengajar di Era Society 5.0. 1.
Asnita & Rosdiana. (2023). EKSISTENSI GURU PROFESIONAL DALAM MENGAKOMODASI SEKOLAH. XII.
Asti Fitria Desti, Sandra Rizkya Rudianti, Syarifah Dwi Yanti, & Prihantini. (2023). STRATEGI INOVATIF PENGELOLAAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBANGUN GENERASI UNGGUL DI ERA DIGITAL. 2.
Cela Petty Susanti, Jenny Rismala Putri, & Adinda Kyan Pitaningrum. (2024). Strategi Efektif Pondok Pesantren Dalam Mengatasi Tantangan Guru Di Era Modern Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. 3.
Feni Indriyani & Windi Windi. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Solusi Tantangan Era Society 5.0. 1.
Gendis Surya Kinanthi, Natasya Fadilla Saputri, & Nur Aini Rosita. (2024). Pentingnya Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Menghadapi Transformasi Pendidikan Abad 21. 7.
Giandari Maulani, Sisca Septiani, Rizal Mukra, Adinda Kamilah, Eskatur Nanang Putro Utomo, Popi Dayurni, Nobertus Tri Suswanto Saptadi, Erry Ersani, Ledy Nurlely, Randitha Missouri, Burhan Ibnu Hazin, Lila Pangestu Hadiningrum, Nuzulira Janeusse Fratiwi, Kurniati Rahmadani, Isminarti, Muh Fajar Fazriansyah, & Sutrisno Sadji Evenddy. (2023). PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL. PT SADA KURNIA PUSTAKA.
Hetwi Marselina Saerang, Jelly Maria Lembong, Shelty Deity Meity Sumual, & Roos Marie Stella Tuerah. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di era Digital: Tantangan dan Peluang. 9.
Imanda Ayu Oktavia & Dwiyono Hari Utomo. (2024). URGENSI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENGHADAPI ERA HUMAN SOCIETY
5.0. 4.
Ismunandar, Arif dan Aang Kurnia. 2023. Peningkatan Kemampuan Pendidik Di Era Society 5.0. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Volume 6 No.2
Iwan Hermawan, Supiana, & Qiqi Yuliati Zakiah. (2020). KEBIJAKAN PENGEMBANGAN GURU DI ERA SOCIETY 5.0. 1.
M. Makhrus Ali. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengajar. 1.
Mahidin. (2023). MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MENUJU ERA SOCIETY 5.0. 7.
Miftahul Jannah Putri Husma, Shaleh, & Tutut Handayani. (2023). PROFIL GURU PROFESIONAL DI ERA INDUSTRI 5.0. 7.
Mokhamad Raynaldo Dwiki Fahrizal & muhibuddin Fadli. (2024). PENERAPAN ETIKA DAN PROFESIONALISME GURU ERA 5.0 DI SMP DALAM PEMBELAJARAN PJOK. 4.
Mudatsir, Winda Novianti, Chairunnisa, Lilis Saputri, Rahmi Hayati, Freliyanti, Rizal Mukra, Henny Sri Astuty, Blasius Perang, Tetin Syarifah, Retnalisa Sinauru, Muhammad Thoif, Rina Yuliwati, Erni Susilawati, Sukamdi, Sri Atin, & Agus Holid. (2023). PENDIDIKAN PROFESI KEGURUAN.
Nurbaity, Darmawan Rahmadi, & Akhmad Syaekhu Rakhman. (2021). Perjuangan PGRI Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru di Era Reformasi (1999-2003) (Studi Kasus PGRI DKI Jakarta dan Depok). 2.
Pinton Setya Mustafa. (2024). BUKU AJAR PROFESI KEGURUAN. CV PUSTAKA MADANI.
Riski Alfalah. (t.t.). Menjadi Guru di Era Society 5.0: (Tantangan dan Peluang). Rofita Rahayu, Sofyan Iskandar, & Dede Trie Kurniawan. (2023). Karakteristk
Keterampilan Guru Abad 21. 6.
Rusmin Husain. (2021). KEMAMPUAN GURU SEBAGAI PENGGERAK PEMBELAJARAN ERA SOCIETY 5.0 DI KABUPATEN BONE BOLANGO.
Shafira Nadia & Mohammad Saat Ibnu Waqfin. (2023). PROFESIONALISME GURU PAI BERBASIS DIGITALISASI PADA ERA SOCIETY 5.0 DI SMP NEGERI 2 MOJO AGUNG JOMBANG. 5.
Siti Umi Khoiriah, Lia Kurnia Lam Uli Lubis, & Diva Kayla Nazwa Anas. (2023).
Analisis Perkembangan Sistem Manajemen Pendidikan di Era Society 5.0. 2.
Suhadak. (2021). MEMPERKUAT EKSISTENSI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0. 1.
Syamsu A Kamaruddin, Hasruddin, & Amrah. (2023). PKM Pelatihan Profesi guru Di Era Society 5.0 SMA Se Kabupaten Majene. 2.
Titik Pitriani Muslimin & Andi Anugrah Batari Fatimah. (2024). Kompetensi dan Kesiapan Guru Sekolah Dasar Terhadap Tantangan Pendidikan di Era Society
5.0. 7.
Wagiman Manik, Khadijah Nadhirah, Zayyan Salsabila, Yuni Maysarah, Annisa Zahrah, & Siti Aminah Nasutin. (2024). Eksistensi Etika Profesi Keguruan Dalam Menghadapi Krisis Pendidikan Era Society 5.0. 3.
Wahid Suharmawan. (2023). EKSISTENSI GURU BK DI ERA REVOLUSI 5.0. 1.
Wince, Irzan Amri, Fadriati, & Ernis Suryana. (2025). PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI MELALUI PENDEKATAN REFLEKTIF. 7.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
