Peran Guru Profesional dalam Membimbing Tren Hijrah Digital Gen Z Berbasis Sejarah Kebudayaan Islam
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah secara signifikan cara generasi Z mengakses dan memahami ajaran Islam. Salah satu fenomena yang menonjol adalah tren hijrah digital, yaitu peralihan gaya hidup ke arah yang lebih religius melalui media sosial dan platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan tren hijrah digital, pengaruh sejarah kebudayaan Islam terhadap pola pikir dan gaya hidup Gen Z, serta peran guru profesional dalam membimbing generasi muda menghadapi fenomena ini. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur, melalui analisis sumber akademik berupa jurnal ilmiah, buku, dan artikel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren hijrah digital dipengaruhi oleh pesatnya media sosial dan dakwah berbasis teknologi, sementara sejarah kebudayaan Islam berperan dalam membentuk pola pikir Gen Z melalui pendidikan, komunitas keagamaan, dan tradisi penyebaran ilmu. Guru profesional memiliki peran strategis dalam memberikan literasi digital dan keagamaan yang moderat, sehingga siswa dapat menyikapi tren hijrah digital secara kritis dan bijak. Kesimpulannya, tren hijrah digital merupakan fenomena yang dinamis dan berpotensi positif apabila didampingi dengan bimbingan guru yang berkompeten dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan literasi digital.
Downloads
References
Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, and Ibrahim Arifin. 2023. “Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Era Digital.” Seminar Nasional Dies Natalis 62 1:32–37. doi: 10.59562/semnasdies.v1i1.431.
Faysa, Alfina Meiza, Mila Hanifah, Muhamad Ariz Hibrizi, Virza Qurrota, and Abdul Fadhil. 2024. “Peran Generasi Z Muslim Dalam Kemajuan Islam Di Era Modern : Pandangan Ustadz Hanan Attaki Penelitian Dalam Artikel Berjudul “ Peran Dakwah Dalam Era Digital Eksplorasi.”
Ismail, Muhammad Nur, and Rinto Alexandro. 2020. “This Work Is Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright Ⓒ FKIP Universitas Palangka Raya.” Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang 11(2):353–61.
Ismiati, Ismiati, Sofiatin Sofiatin, and Luluk Fikri Zuhriyah. 2024. “Desain Dakwah Ustadz Hanan Attaki Melalui Media Sosial Instagram @ayah_amanah.” Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) 24(1):21–42. doi: 10.15575/anida.v24i1.34626.
Khalisatun Husna, Farras Fadhilah, Ulfa Hayana Sari Harahap, Muhammad Arby Fahrezi, Khalid Samahangga Manik, M. Yasir Ardiansyah, and Inom Nasution. 2023. “Transformasi Peran Guru Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang.” Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa 1(4):154–67. doi: 10.59059/perspektif.v1i4.694.
Kinanti, Estu. 2021. “Analisis Peranan Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Dalam Meningkatkan Rasa Cinta Agama Dan Cinta Tanah Air Siswa Kelas XI Di MAN 2 Kota Kediri.”
Murni Yanto. 2024. Manajemen Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
Putri, Sukma Ari Ragil. 2021. “Hijrah Sebagai Gaya Hidup Generasi Digital Native Urban.” Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Kajian Islam 8(2):64. doi: 10.37064/jki.v8i2.10723.
Zaini, Ahmad, and Dwy Rahmawati. 2021. “Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Media Baru.” AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 8(1):162. doi: 10.21043/at-tabsyir.v8i1.11238.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
