Pengaruh Lingkungan terhadap Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Desa Sumberbendo
Abstract
Perkembangan sosial emosional anak usia dini merupakan aspek penting yang memengaruhi kemampuan anak dalam mengenali emosi, mengelola perasaan, serta membangun hubungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara terhadap lima orang tua anak berusia 3–5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga, interaksi dengan teman sebaya, pendidikan anak usia dini, dan nilai-nilai budaya masyarakat berperan signifikan dalam perkembangan sosial emosional anak. Lingkungan keluarga yang hangat dengan komunikasi positif menumbuhkan rasa percaya diri anak, sementara interaksi dengan teman sebaya melalui kegiatan bermain melatih empati, kerja sama, dan kemampuan berbagi. Pendidikan anak usia dini turut mendukung keterampilan pengelolaan emosi melalui aktivitas kelompok, meskipun masih ditemukan keterbatasan pada sebagian anak, seperti ragu berinteraksi atau bersikap egosentris saat bermain. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa kualitas interaksi sosial yang didukung lingkungan positif sangat menentukan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Implikasinya, pendampingan konsisten dari keluarga, pendidik, dan masyarakat diperlukan agar anak tumbuh menjadi individu yang percaya diri, empatik, dan adaptif menghadapi tantangan sosial di masa depan.
Downloads
References
Age, J. G., & Hamzanwadi, U. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190.
Hurlock.(1978). Psikologi Perkembangan. Jakarta. Erlangga.
Ismi Fauziah, Ernita, Diah Rini Octavia,Muzliani Dwiyanti. (2020). Analisa Gangguan Psikososial Dan Emosional AUD Di RA Nurul Iman Medan Belawan. Cumara Cendikia Vol, 8 No 3.
Musringati. 2017. Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini pada Kelompok B melalui Metode Bercerita di TK Al Ikhlas. STKIP Siliwangi Bandung
Wisjnu Martani. (2012). Metode Stimulasi dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Vol, 39 No 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
