Efektivitas Metode Pembiasaan untuk Menanamkan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Ngluyu

Authors

  • Noviana Frida Universitas Pangeran Diponegoro Nganjuk Author

Abstract

Anak usia dini berada pada masa golden age yang sangat potensial untuk pengembangan nilai agama dan moral. RA Perwanida Ngluyu menerapkan metode pembiasaan melalui kegiatan rutin seperti sholat dhuha, antre berwudhu, mengaji, membiasakan salam, serta mendengarkan hafalan ayat-ayat pendek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan metode pembiasaan dalam menanamkan nilai agama dan moral pada anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara terhadap guru serta orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan yang dilakukan secara konsisten mampu membentuk perilaku positif, meningkatkan pemahaman keagamaan, dan memperkuat nilai moral anak. Dengan demikian, metode pembiasaan terbukti efektif dalam membentuk karakter religius, mandiri, dan berakhlak mulia pada anak usia dini, serta berkontribusi terhadap perkembangan mereka di masa depan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Nashih Ulwan, Pedoman Pendidikan Islam, terj. Drs. Saifullah Kamlie, LC. dan Drs. Hery Noer Ali, (Semarang: CV Asy Syifa’, 1993) Jilid I.

Darajat, Zakiah, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, (Jakarta: CV Ruhama, 1995) dalam skripsi Parsaulian, Sari Domu, Studi Perkembangan Kemampuan Menghapal Surat Al-Fatihah Anak Usia

5 Tahun Di Kampung Teleng PadangSidempuan,2007.

Fadlullah, Irfan. ”Pengembangan Kepribadian pada Anak Menurut Agama Islam (Studi Pemikiran Abdullah Nasih Ulwan).” Guepedia. 2021.

Fiantika, Feny Rita. "1.6 Tujuan Penelitian Kualitatif." Metodologi Penelitian Kualitatif 12 (2022).

Hamdani Ihsan Dan Fuad Ihsan, Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2001)

Hartono, Tri, Farit Saifur Rochman, and Wahyu Najib Fikri. "Implementasi Metode Pembiasaan Modelling Perspektif Teori Behaviorisme di RA Syamila Kids Kota Salatiga." ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 7.2 (2019): 325.

Herlina, Elih, and Hani Siti Nuraeni. "Penerapan Metode Pembiasaan Sholat Pada Anak Usia Dini:(Studi di Raudhatul Athfal Al-Ittihad Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat)." IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 2.2 (2024): 82-90.

Imron, Ali. "Pendidikan Kepribadian Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan." Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam 1.1 (2016): 89-118.

Miles, M.B.A, Huberman, M. & Saldana. 2014. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Mulyasa, E. 2012.Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nurdiana, Agus. "Implementasi Pendidikan Akhlak Melalui Metode Pembiasaan Berkata Baik Pada Siswa SMP Al Amanah Cileunyi." Jurnal Keprofesian Guru Keagamaan 1.1 (2023): 1-8.

Nursah, Nursah, et al. "Implementasi Nilai Agama Dalam Penanaman Nilai Moral Melalui Metode Pembiasaan Di TK Pembina Lambu." Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini 6.1 (2024): 43-

56.

Putro, Heri Cahyono. "Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membangun Karakter Siswa di TK Muslimat NU Kecamatan Pacitan." Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini 3.1 (2023): 12-21.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2005)

Siswanto, Siswanto, Ifnaldi Ifnaldi, and Syihab Budin. "Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan." AR- RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 5.1 (2021): 1-11.

Subekti, Sri. "Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembiasaan Bagi Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal." Jurnal Pakar guru 2.2 (2022): 205-211.

Wiyani, Novan Ardy. "Manajemen Program pembiasaan untuk membentuk karakter mandiri pada anak di Paud Banyu Belik Purwokerto." Jurnal Thufula 8.1 (2020): 29-42.

Downloads

Published

2025-07-20

How to Cite

Efektivitas Metode Pembiasaan untuk Menanamkan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Ngluyu. (2025). Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 33-40. https://e-journal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/162