Kajian Psikolinguistik Tentang Metafora dalam Bahasa Sehari-Hari Mahasiswa Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia
Abstract
Penelitian ini mengkaji penggunaan metafora dalam bahasa sehari-hari mahasiswa Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia dari perspektif psikolinguistik. Metafora dipandang penting karena mampu menjembatani konsep abstrak dengan pengalaman konkret yang dekat dengan kehidupan mahasiswa. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus mini terhadap 15 mahasiswa yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui dokumentasi percakapan di media sosial dan wawancara semi-terstruktur terkait lima metafora populer, kemudian dianalisis dengan teknik kategorisasi tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metafora emosional dan sosial, seperti baper dan bucin, paling sering digunakan dan umumnya dipahami dengan tepat oleh partisipan. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan metafora bukan hanya refleksi ekspresi bahasa, tetapi juga mencerminkan proses kognitif dan interaksi sosial mahasiswa. Kesimpulannya, metafora berpotensi dimanfaatkan sebagai strategi pedagogis dalam pembelajaran berbasis bahasa kontekstual, sekaligus memberikan kontribusi terhadap kajian psikolinguistik di ranah pendidikan tinggi.
Downloads
References
Alzahrani, A. (2024). The Acceptability and Validity of AI-Generated Psycholinguistic Stimuli. Heliyon, 11(2), e42083. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2025.e42083
Cersosimo, R., Domaneschi, F., & Al-Azary, H. (2024). Automatic metaphor processing in developmental dyslexia. Journal of Communication Disorders, 111(May 2024), 106448. https://doi.org/10.1016/j.jcomdis.2024.106448
Đorđević, J. (2022). Digital Media Discourse in Linguistic Research. Digital Media Discourse in Linguistic Research, June. https://doi.org/10.46630/dmd.2022
Dufva, H. (2024). From ‘psycholinguistics’ to the study of distributed sense-making: Psychological reality revisited. Language Sciences, 103, 101627. https://doi.org/10.1016/j.langsci.2024.101627
Fitriani, J., Ubung, S., Kinanthi, T. A., & Wahyuni, I. (2022). Analisis Gangguan Berbahasa Psikogenik Latah di Samarinda Ulu Studi Kasus: Psikolinguistik. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(2), 145. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i2.13735
Gesche, S., Steffen, M., Birgit, H., Franziska, M., Jakob, S., & Lena, J. (2025). A psycholinguistic investigation of biased semantic networks in contamination-related obsessive-compulsive disorder. Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry, 88(February), 102028. https://doi.org/10.1016/j.jbtep.2025.102028
Lakoff, G., & Johnson, M. (2008). Metaphors We Live By (p. 129).
Puhacheuskaya, V., & Järvikivi, J. (2025). Sorry, you make less sense to me: The effect of non-native speaker status on metaphor processing. Acta Psychologica, 254(February). https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2025.104853
Shen, Y. (1999). The poetics of mind: Figurative thought, language, and understanding. In Journal of Pragmatics (Vol. 31, Issue 12, pp. 1701–1704). https://doi.org/10.1016/s0378-2166(99)00036-3
Sofa, G. A. (2019). Konseptualisasi Metafora dari Pengalaman Emosi: Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Indonesia. PRASASTI: Journal of Linguistics, 4, 113–124.
Wu, W., Morales, M., Patel, T., Pickering, M. J., & Hoffman, P. (2022). Modulation of brain activity by psycholinguistic information during naturalistic speech comprehension and production. Cortex, 155, 287–306. https://doi.org/10.1016/j.cortex.2022.08.002
Yeaton, J. D. (2025). The neurobiology of sentence production: A narrative review and meta-analysis. Brain and Language, 264(February), 105549. https://doi.org/10.1016/j.bandl.2025.105549
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
