Analisis Standar Isi dalam Perspektif Manajemen Mutu Pendidikan di MA Darul Falah Pasuruan

Authors

  • Khuliyati Khuliyati Author

DOI:

https://doi.org/10.51747/ecobuss.v13i2.2367

Keywords:

Standar Isi, Manajemen Mutu Pendidikan

Abstract

This study aims to determine: 1) Content standards in quality management of education at MA Darul Falah Pasuruan. 2) Analysis of content standards in the perspective of education quality management at MA Darul Falah Pasuruan. This research uses qualitative research, with a case study research design at MA Darul Falah Pasuruan. Data was collected by interview, observation, and documentation methods. Based on the research data obtained: Analysis of content standards in the perspective of education quality management at MA Darul Falah Pasuruan is carried out by matching data between ideal conditions and existing real conditions starting from planning, implementation, monitoring and supervision, curriculum evaluation carried out to the maximum and responsibility by all stakeholders to improve the quality of education at MA Darul Falah Pasuruan.

References

Abdulhak, Ishak, Manajemen Kurikulum, Bandung: Rosdakarya, 2019.

Arikunto, Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Cetakan ke-17, Jakarta: Rineka Cipta, 2022.

Bahri, Syaiful, Total Quality Management dalam meningkatkan mutu Pendidikan madrasah diniyah formal tingkat Wustho di Pondok Pesantren Al Ishlah Besuki, Tesis, Mojokerto, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, 2020.

Budiyanto, Mangun , Guru Ideal: Perspektif Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ombak, 2016.

Bungin, Burhan, Metode Penelitian Sosial & Ekonomi: Format-Format Kuantitatif Dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan, Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran Cetakan Kedua Jakarta: Kencana Prenada Media Goup, 2016.

Daradjat, Zakiah, dkk, Ilmu Pendidikan Islam Cetakan XV, Jakarta: Bumi Aksara, 2020.

Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, KMA 184 tahun 2019, Jakarta, 2019.

Dokumen I, II, dan III Kurikulum Tingkat Satuan Madrasah Aliyah Darul Falah Pasuruan Tahun Pelajaran 2024/2025.

Hikmat, Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2019.

https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/standar-isi/ diakses pada tanggal 6 Februari 2022.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman, Analysis Data Qualitatif: A Methods Sourcebook edisi keempat, Jakarta : UIP, 2018.

Moleong Lexy. J., Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi Cetakan ke-36, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Nata, Abudin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Prenada Media, 2016.

Peraturan Pemerintah RI No. 57 Th. 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2019.

Septiana, Manajemen Model Standar Isi Pendidikan Homeschooling di Sidoarjo, Tesis, Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2018.

Subhi, Tb. Asep, Konsep Dasar, Komponen dan Flosofi Kurikulum PAI, Jakarta: Qotruna, 2016.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: CV Alfabeta, 2016.

Sukmadinata, Nana Saodih, Metode Penelitian Pendidikan Cetakan ke-12, Bandung: Randakarya, 2017.

Suryobroto, B., Fadlillah, M, Manajemen Pendidikan di Sekolah Sesuai Kebijakan Merdeka Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2023.

Triyono, Manajemen Mutu Pendidikan di MTs N 1 Kebumen, Tesis, Kebumen: IAINU Kebumen, 2023.

Tuala, Riyuzen Praja, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah/Madrasah (Studi Kasus di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung dan Madrasah Aliyah Negeri I (MAN MODEL) Bandar Lampung, Disertasi, Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2016.

Wahyudin, Dinn, Manajemen Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.

Walidin, Warul, dkk, Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory, Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press, 2015.

Yamin, Moh., Nurhayati, dkk, Manajemen Pendidikan untuk Kurikulum Merdeka, Yogyakarta: Diva Press, 2024.

Downloads

Published

03-10-2025