Analisis Preferensi Konsumen Keripik Pisang Bu Sami Di Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.51747/agrotechbiz.v12i2Keywords:
Preferensi Konsumen, Keripik Pisang, Regresi LogistikAbstract
Penelitian ini menganalisis preferensi konsumen terhadap keripik pisang Bu Sami di Kabupaten Pasuruan. Metode survei menggunakan kuesioner pada 50 responden dipilih secara accidental sampling. Data primer dan sekunder dianalisis dengan regresi logistik untuk menguji pengaruh harga, kemasan, rasa, tekstur, dan ukuran terhadap keputusan pembelian. Hasil uji model menunjukkan Nagelkerke R² 0,734 dan Hosmer–Lemeshow p = 0,902, menandakan kecocokan yang baik. Secara parsial, harga dan rasa berpengaruh positif signifikan, sedangkan kemasan signifikan namun berkoefisien negatif, tekstur dan ukuran tidak signifikan. Temuan menegaskan pentingnya penyesuaian rasa dan strategi harga, serta penyempurnaan desain kemasan minimalis agar selaras harapan konsumen. Implikasinya, produsen dapat meningkatkan daya saing melalui inovasi rasa dan promosi tepat terarah.
Downloads
References
[1] N. Khasanah, “PREFERENSI KONSUMEN PADA UMKM KERIPIK TEMPE IBU NUR JANNAH DI PASURUAN Program Studi Agribisnis , Fakultas Pertanian , Universitas Yudharta Pasuruan,” vol. 6, no. 2, pp. 0–7, 2024.
[2] “SKRIPSI_SAKINAH_FILLAH_0810443046.pdf.”
[3] K. Blimbing, K. Malang, N. Andreansyah, M. N. Sudjoni, and H. Apriliawan, “ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN SAYURAN HIDROPONIK ( Studi Kasus Kelompok Tani Brayat Minulyo Di Balearjosari ,” vol. 12, no. 04, pp. 1–7, 2024.
[4] M. R. Aulawi and D. Susilowati, “Analisis Keputusan Pembelian Jeruk Keprok Selorejo Kecamatan Dau, Kabupaten Malang,” JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan), vol. 5, no. 2, pp. 76–83, 2021, [Online]. Available: http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/15006/0
[5] B. Siswandi et al., “PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN KERIPIK BROKOLI AGRONUSA MUSHROOM DI KOTA BATU,” vol. 12, pp. 1–11, 2024.
