Pengaruh Harga dan Inovasi Minuman Susu Sapi Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan di Kedai We Milk Pandaan Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.51747/b0n1eg35Keywords:
harga , inovasi, kepuasan pelangganAbstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh harga dan inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan di Kedai We Milk Pandaan, Pasuruan. Pendekatan kuantitatif digunakandengan metode survei pada 100 responden yang dipilihsecara purposive. Analisis data dilakukan menggunakanregresi logistik biner dengan SPSS. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikanterhadap kepuasan pelanggan (p < 0,05) dengan odds ratiosebesar 4,441, sedangkan inovasi produk berpengaruh positifnamun tidak signifikan (p > 0,05). Uji Hosmer and Lemeshow menghasilkan nilai signifikansi 0,185 dan Nagelkerke R Square sebesar 0,292. Temuan inimenunjukkan bahwa persepsi nilai dan keterjangkauan hargalebih dominan dalam memengaruhi kepuasan dibandingkanaspek inovasi. Hasil ini diharapkan menjadi acuan bagiUMKM dalam merancang strategi harga dan inovasi yang sesuai kebutuhan konsumen.
Downloads
References
[1] Amin, Tren Konsumsi Susu di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pertanian, 2024.
[2] Waluyo, Peningkatan Partisipasi Konsumsi Susu. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2024.
[3] Izzuddin, Produksi dan Konsumsi Susu Nasional. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2024.
[4] Ayudiana, Harga Ideal Susu Segar di Tingkat Peternak. Jakarta: Pusat Data Peternakan Nasional, 2024.
[5] D. Indrasari, Pemasaran Strategis: Teori dan Implementasi. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019.
[6] B. D. Prasetyo, Manajemen Inovasi Produk. Yogyakarta: Andi Offset, 2020.
[7] A. Tarmidi and others, “Harga, Inovasi, dan Kepuasan Konsumen,” Jurnal Manajemen Pemasaran, vol. 15, no. 1, pp. 22–31, 2021.
[8] F. A. Panjaitan, T. Andjarwati, S. Sumiati, and H. Panjaitan, “The Influence of Quality of Services, Innovation of Products, Prices and Trust on Customer Satisfaction Telkomsel In Surabaya,” in Proceedings of the ACHITS, 2019. doi: 10.4108/eai.30-7-2019.2287754.
[9] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2022.
[10] M. A. I. As’ad, M. F. A. Aziz, D. K. Yudhsitira, T. T. Astuti, and U. Suherman, “Analisis Manajemen Persediaan dalam Inovasi pada Kedai Sultan Karawang,” Business and Investment Review, vol. 2, no. 1, pp. 36–44, 2024, doi: 10.61292/birev.90.
[11] B. Tijjang, “Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan,” Amsir Management Journal, vol. 1, no. 1, pp. 46–58, 2020, doi: 10.56341/amj.v1i1.202.
[12] I. Wirawan, “Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM,” 2023, Mataram, Indonesia. [Online]. https://etheses.uinmataram.ac.id/5851/1/Ihsan%20Wirawan%20160203221%20.pdf
