Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Beras Cap Gunung Ud. Subur

Authors

  • Rohmat Afandi Universitas Yudharta Pasuruan Author
  • Idah Lumhatul Fuad Universitas Yudharta Pasuruan Author

DOI:

https://doi.org/10.51747/5p0mzs37

Keywords:

Kemasan, harga, keputusan Pembelian , beras

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh kemasan dan harga terhadap keputusan pembelian beras Cap Gunung UD. Subur, mengingat pentingnya faktor-faktor tersebut dalam perilaku konsumen produk sehari-hari. Menggunakan pendekatan kuantitatif, studi ini melibatkan 36 responden konsumen UD. Subur yang dipilih secara insidental. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda, uji F, dan uji t dengan SPSS 21.

Hasil menunjukkan instrumen valid dan reliabel, serta model regresi memenuhi asumsi klasik. Secara simultan, kemasan dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, menjelaskan 79,3% variasi. Secara parsial, kemasan (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sebaliknya, harga (X2) secara parsial tidak berpengaruh signifikan, mengindikasikan konsumen lebih fokus pada kemasan atau kualitas. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran terintegrasi yang menonjolkan kualitas kemasan untuk mendorong keputusan pembelian produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariska, F., Sunarko, H., & Supriyadi. (2023). Pengaruh Kemasan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Beras Bulog di Kota Metro. Journal of Agriculture and Animal Science, 3(2), 61–69. https://doi.org/10.47637/agrimals.v3i2.916

Atiah & Ariyanto, A. (2025). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Beras Rojolele pada Agen Faris Miqdad Desa Tambak Lebak - Banten. Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia, 5(3), 736–748. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JIPER/article/view/49744

Asiva Noor Rachmayani. (2015). Analisis Model Persamaan Struktural Indikator Terkait Kesehatan pada Lansia yang Tinggal di Rumah, Berfokus pada Persepsi Kesehatan Subjektif.

Buccieri, D., & Park, J. E. (2022). Entrepreneurial marketing and reconfiguration towards post-entry performance: Moderating effects of market dynamism and entry mode. Journal of Business Research, 148, 89–100. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.04.053

Dusauw, E., Mangantar, M., & Pandowo, M. H. C. (2023). the Impact of Sensory Marketing on Consumer Behavior At Starbucks Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 138–146. https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45579

Elfyra, R. D., & Nurtjahjani, F. (2023). Pengaruh Desain Kemasan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina Pada Platform E-Commerce Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1). https://Jurnal.Polinema.Ac.Id/Index.Php/Jab/Article/View/2459

Febriani, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Beras Di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Agribisnis, 9(1), 47–53. https://doi.org/10.32520/agribisnis.v9i1.1081

Gohae, M. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ud. Anisa Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(2).

Habibah, L., Futri, A., Khuzaeri, A. P., Shidqi, F., & Winata, W. A. (2024). Bursa : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Beras Sebagai Makanan Pokok : Faktor Penyebab Ketergantungan Dan. 3(2).

Ikasari, D. M., Deoranto, P., Silalahi, R. L. R., & Citraresmi, A. D. P. (2016). Factors Influencing Consumers Behaviour Towards The Decision on Purchasing Organic Rice. Jurnal Teknologi Pertanian, 17(1), 69–78. https://doi.org/10.21776/ub.jtp.2016.017.01.8

Irwansyah, et al. (2021). Perilaku Konsumen. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Mahendra, M., & Mamilianti, W. (2020). Persepsi konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian beras premium.

Mashadi, M., & Munawar, A. (2021). Pendampingan Pengembangan Kemasan Produk Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), 115–120. https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i1.1402

Putri, D. F., Khaswarina, S., & Septya, F. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Beras Anak Daro di Kecamatan Dumai Timur. Jurnal MeA (Media Agribisnis), 7(2), 158.https://doi.org/10.33087/mea.v7i2.142

Sugiyono, & Noeraini, I. A. (2019). Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Surabaya. Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(5), 1–17.

Verdiyanto, V., Fatimah, F., & Hermawan, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Packaging Terhadap Keputusan Pembelian Beras Rantau Di Ud. Putra Sultan. Growth, 20(2), 457.

Verdiyanto, V., Fatimah, F., & Hermawan, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Packaging Terhadap Keputusan Pembelian Beras Rantau Di Ud. Putra Sultan. Growth, 20(2), 457.

Wahyuni, T., & Zuhriyah, A. (2020). Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pudak Di Toko Sari Kelapa. Agriscience, 1(1), 232–243.

Downloads

Published

2025-12-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Beras Cap Gunung Ud. Subur. (2025). Agrotechbiz : Jurnal Ilmiah Pertanian , 1(2), 42-48. https://doi.org/10.51747/5p0mzs37