DARI PENA KE KARYA: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTARI KALIGAFI DI TPA HIDAYATULLAH PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.51747/abdiPancaMarga.v6n1.613Keywords:
Kaligrafi, Kemampuan Menulis, TPA., Pondok PesantrenAbstract
Pendidikan adalah pondasi utama dalam pengembangan potensi anak, terutama di usia dini. Kaligrafi merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis anak, karena tidak hanya mengajarkan teknik menulis yang baik, tetapi juga nilai-nilai estetika, disiplin, dan kesabaran. Dalam pengabdian ini, kami menerapkan metode demonstrasi kaligrafi di TPA Hidayatullah Palangka Raya, menggunakan pendekatan interaktif yang melibatkan teknologi, seperti aplikasi kaligrafi digital. Kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan minat anak-anak dalam menulis, mengembangkan rasa percaya diri, dan menghubungkan pengetahuan agama dengan keterampilan praktis. Melalui pemaparan materi yang menarik dan praktik langsung, anak-anak diharapkan dapat memahami teknik kaligrafi dengan baik. Hasil dari evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis dan kepercayaan diri anak-anak, serta membuktikan bahwa pendekatan yang menyenangkan dapat memotivasi mereka untuk belajar lebih baik.